Monday 6 July 2015

Tips SBMPTN



Btw, aku Cuma mau share tips ketika akan testnya aja ya berdasarkan pengalamanku hehehe. Ini dibuat pada 2 Juli 2014 baru bisa ngepost sekarang gegara ubrak-abrik file di laptop mueheheh. Let's check it out!
1.       Siapkan berkas dan alat tulis
Lakukan ini dari jauh-jauh hari, make sure  kalo berkas-berkas yang dibutuhin udah lengkap semua jangan digampangin ya. Soalnya ada temen seruanganku yang berkasnya nggak kebawa gitu, nah dia sendiri yang repot bukan hanya dia sih kakaknya yang dia suruh buat nganterin berkas juga ikut repot, pengawas ruangan juga ikutan bingung, teman seruangan juga ikut keganggu dengan kegaduhannya. Dan aku geram dengan dia! Oh iya kesan yang akan muncul ketika kamu lupa bawa berkas juga jelek loh, kesannya kamu main-main dengan masa depan, kayak kamu nggak niat buat ikutan SBMPTN.
Alat tulis juga jangan digampangin. Kalo bisa bawa pensil lebih dari satu, takutnya kamu males nyerut kamu bisa pake pensil yang lainnya dan inget ya pensilnya yang udah berstandar buat LJK, ya… jangan yang level-an HB lah; Bawa penghapus juga, penghapusnya jangan yang ecek-ecek dong modal dikit lah, ntar kertas kamu item-item gitu kena penghapus;Jangan lupa serutan juga, kalau serutan sih terserah yang gimana, serutan murah juga kalau enak dipakenya ya pake aja nggak akan ngaruh kok;Pulpen! Jangan dikira nggak butuh pulpen ya, waktu aku test sih pulpennya disamain gitu dari pengawas ruangan pake satu pulpen ntar giliran, tapi si pengawas ruangan dapet minjem pulpen dari aku wk, jadi bawa aja ya buat jaga-jaga; papan dada. Nah ini penting jangan lupa bawa papan dada buat alas LJK mu nanti takutnya meja kamu bolong-bolong gitu. Btw ada cerita nih tetanggaku yang lupa bawa kotak pensil yang isinya alat tulis pas mau ujian. Parah banget kan? Untungnya ada temennya yang mau minjemin pensil dan penghapusnya satu. Dia mau test masuk SMA jadi duduknya berdua tapi temen sebangkunya dari sekolah lain yang nggak dikenal gitu, pas lagi ngerjain pensilnya patah! Temen sebangkunya itu cowok dan hanya punya satu pensil, parahnya dia nggak punya serutan. Alhasil tetanggaku dan temen sebangkunya itu gentian make pensil buat ngisi jawabannya. Nggak efisien banget kan?! Jangan sampe gitu, fatal nanti akibatnya.
2.       Survey tempat
Menurutku ini sunnah, kalau rumahnya deket sih mending survey aja daripada ntar muter-muter nyari nggak ketemu bisa-bisa kan nanti telat. Tapi kalau rumahnya yang jauh kalau bisa survey ya survey dulu tapi kalau nggak bisa ya udah jangan dipaksain yang penting kamu harus berangkat pagi-pagi banget nget nget. Atau ada cara efektif lainnya buat yang rumahnya jauh, bisa nginep dirumah temen/sodara, atau mungkin kalau yang punya duit bisa di hotel. Waktu pengalamanku sih, aku nggak survey dulu karena tempatnya yang jaaauuuuh banget beda kabupaten gitu tapi aku tetep berangkat dari rumah, aku nebeng sama temenku yang udah tau lokasi sekolahnya jadi kita tinggal nyari kelasnya doang. Oh iya kalau kamu survey, jangan lupa cari tempat-tempat yang pasti akan kamu butuhin seperti; ruang kelas, kamar mandi, tempat ibadah, kantin.
3.       Restu Orang Tua
Sebelum berangkat harus dan wajib minta restu ke orang tua. Penting banget loh ini, minta agar mereka mendoakanmu supaya dimudahkan mengerjakan soal nantinya.
4.       Datang Lebih Cepat
Mau rumahmu deket atau jauh dari lokasi, kamu harus tetep datang lebih cepat. Kan bisa aja di jalan ada kendala seperti macet dan lain sebagainya, siapa yang tau? Pokoknya jangan sampe telat! Temen seruanganku ada beberapa yang telat, mereka rugi sendiri karena jatah waktunya berkurang. Sebenernya aku adalah tipe orang yang jarang on time, tapi ketika test aku udah siap dari jam setengah lima. Aku nggak ingin main-main dengan waktu untuk hal ini karena menyangkut masa depanku, aku sadar banget rumahku jauh. Kalau bisa 30 menit sebelum bel masuk kamu udah di sekolah lah ya. Setelah nyampe sekolah lalu cepet cari ruang kelas setelah itu periksa tempat dudukmu, kalau yang belum tau letak kamar mandi, tempat ibadah, kantin, ruang panitia atau tempat-tempat lain yang mungkin akan kamu butuhin nanti segera cari ya. Buang air kecil juga jangan lupa, takutnya nanti pas ngisi kamu kebelet nanti takut ganggu.
5.       Berdoa
Yeaaa! Siapa sih yang nggak butuh Tuhan di saat-saat kayak gini? Sebelum kamu ngisi LJK di haramkan untuk tidak berdoa terlebih dahulu. Sekeras apapun kamu usaha kalo nggak dibarengi dengan doa akan sia-sia. Mintalah kekuatan dari Tuhan supaya diberi kelancaran ketika mengerjakan.
6.       Atur waktu
Harusnya kamu sudah mempunyai planning minimal-maximal jumlah soal yang akan kamu kerjakan nanti. Berapa soal untuk maple ini dan berapa soal untuk maple itu sehingga kamu bisa atur waktu sebelumnya jadi ketika hari-H kamu tinggal mengaplikasikan waktu aja. Ketika ngerjain kamu harus santai dan jangan tegang ya, jangan buru-buru juga biasa aja ntar malah nggak fokus dan nggak teliti.
7.       Berdoa
Udah selesai nih ngerjain soalnya, ucapkan hamdalah atau ungkapan rasa syukur kamu. Kalau aku sih selesai test lalu keluar kelas itu hampir mau dzuhur, jadi sempetin shalat dzuhur dulu sebelum pulang ya. Minta diberikan hasil yang terbaik. Oh iya doanya jangan hanya hari itu saja, tapi berlanjut. Minta terus pada Tuhan, berdoalah hingga mulutmu berbusa jangan kapok jangan bosan karena Tuhan tak pernah bosan mendengar doamu.

Ok deh, segitu dulu yah! hahha

No comments:

Post a Comment