Thursday 30 May 2013

Naskah ceramah/dakwah



            contoh naskah ceramah/dakwah dengan tema : Berbakti Pada Orang Tua
 
Salah satu cara untuk dapat masuk surga adalah dengan berbakti kepada orang tua, karena berbakti pada orang tua itu sangat besar pahalanya. Berbakti kepada kedua orang tua ini memiliki nilai kebaikan yang secara universal diwajibkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Artinya nilai kebaikan berbakti kepada orang tua itu berlaku sepanjang zaman karena orang tualah yang mengasuh, membesarkan, mendidik, dan menghidupi kita. Subhanallah, begitu banyak jasa-jasa orang tua yang sampai kapanpun tidak akan dapat kita bayar, maka yang dapat kita lakukan hanyalah mendoakan, berbakti dan mengabdi kepada orang tua kita jangan sampai kita menyakiti hati mereka. Sebagai mana firman Allah dalam surah Al-isra ayat 23 yang berbunyi :


Artinya : “Janganlah kamu berkata ah kepada kedua orang tuamu.Dan jangan pula kamu bentak keduanya,tapi berkatalah kepadanya dengan kata yang sopan.”
Dari ayat tersebut saja kita dapat menyimpulkan bahwa, dengan berkata ‘ah’ saja sudah dilarang oleh Allah apalagi yang tega membentak-bentak orang tuanya sendiri, yang marah-marah kepada mereka, yang menyuruh-nyuruh mereka seenaknya dan yang tega berbohong pada mereka. Astaghfirullah semoga kita semua bukan termasuk dari golongan orang-orang tersebut karena akan sangat besar dosanya bagi mereka yang berperilaku kasar kepada orang tua.
Rasul pernah bertanya pada sahabat, “Maukah kalian aku beritahukan dosa yang paling besar?”, lalu para sahabat menjawab “Tentu ya Rasul.”, Rasul kemudian berkata “Dosa yang paling besar yaitu berbuat syirik dan durhaka pada orang tua.” (H.R. Abi Bakrah). Itulah bukti nyata bahwa durhaka kepada orang tua merupakan dosa yang sangat besar bahkan hampir disetarakan dengan syirik.
Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi :
“Ridho Allah disebabkan keridoan Ibu bapak,begitu juga kebencian Allah disebabkan kebencian ibu bapak.”
Maka janganlah kalian sekali-kali membuat orang tua kalian murka, karena kemurkaan mereka adalah kemurkaan Allah juga, maka dari itu mintalah keridhoan ibu serta bapak maka insya Allah, Allah juga akan meridhoi kita.
Berbakti kepada kedua orang tua merupakan salah satu amal sholih yang mulia bahkan disebutkan berkali-kali dalam Al Quran tentang keutamaan berbakti pada orang tua. Allah  berfirman di surat An-Nisa ayat 36:



“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang tua, yaitu ibu-bapak.” (An Nisa: 36). Di dalam ayat ini perintah berbakti kepada kedua orang tua disandingkan dengan amal yang paling utama yaitu tauhid, maka ini menunjukkan bahwa amal ini pun sangat utama di sisi Allah. Ibnu Mas’ud berkata: Aku pernah bertanya kepada Rasulullah, “Amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Rasul menjawab, “Mendirikan sholat pada waktunya,” Aku bertanya kembali, “Kemudian apa ya Rasul?”, “Berbakti kepada orang tua” jawab Beliau. Aku bertanya lagi, “Setelah itu ya Rasul?” Beliau menjawab, “Jihad di jalan Alloh.’” (HR. Al Bukhori). Demikian agungnya kedudukan berbakti pada orang tua, bahkan di atas jihad dijalan Allah, padahal jihad memiliki keutamaan yang sangat besar pula.
          Setelah mengetahui betapa mulianya orang tua kita, semoga kita tidak lagi berperilaku kasar kepada orang tua kita, tidak menjadi anak yang durhaka melainkan menjadi anak yang sholeh dan sholehah serta hormat kepada orang tua. Karena tanpa orang tua kita tidak akan dapat seperti ini, semoga kita selalu mendapat ridho dari orang tua kita sehingga Allahpun menjadi ridho kepada kita.

No comments:

Post a Comment